Menu Buka Puasa Sederhana Nan Bermanfaat Ala Ketum DPP Pematank

Ketum DPP Pematank
Ketum DPP Pematank, Suadi Romli. Foto: Dokumen Pribadi.

 WartaNiaga – Ketum DPP Pematank, Suadi Romli mengaku menu buka puasa andalannya adalah kolak pisang dan singkong disertai air putih hangat.

Suadi Romli menuturkan menu buka puasa tersebut sudah menjadi menu kesukaannya selama Bulan Puasa Ramadhan.

“Ini menu buka puasa paling enak. Dimulai air putih hangat supaya melancarkan pencernaan dan salah satunya untuk membuat suasana hati membaik. Kemudian dilanjut dengan kolak pisang dan singkong,” ucap Ketum DPP Pematank itu, Senin, 10 April 2023.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air hangat untuk kesehatan tubuh Anda, seperti:

1. Meredakan gejala flu

Minum air hangat dapat membantu meringankan gejala flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Air hangat akan membantu tubuh untuk mengurangi iritasi tenggorokan.

Baca juga: Food Court Family Adoel Tempat Nongkrong Ramah Kantong

Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Anda dapat menambahkan jahe, lemon, atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Untuk mendapatkan manfaat air hangat lebih banyak, Anda dapat berkumur dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat. Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan.

Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

2. Meredakan nyeri akibat menstruasi (dismenorrhea)

Manfaat minum air hangat juga berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam.

Hal ini membuat nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Selain itu, minum air hangat biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi, konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Baca juga: Teras Senja Kafe Lansia di Bandar Lampung

3. Meredakan sakit dan nyeri pada radang sendi

Bagi Anda yang sedang menderita radang sendi, mengonsumsi air hangat juga bermanfaat menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada radang sendi yang Anda alami.

4. Meredakan stres

Minum air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat relaks dan meringankan stres dan rasa cemas.  Bahkan, mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak.

Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, Anda dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

5. Meringankan gejala akalasia

Baca juga: Lapo Boru Allagan Lampung Berawal dari Shio

Air hangat disebut dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan menyempit dan kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung.

Gejala penyakit ini umumnya adalah kesulitan menelan dan sensasi seperti ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan.

Meski demikian, efektivitas manfaat air hangat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda mengalami gejala penyakit akalsia, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Meredakan perut kembung

Saat perut Anda terasa kembung dan kurang nyaman, Anda bisa mencoba minum air hangat. Langkah ini disebut bisa membantu melancarkan gerakan usus dan membantu proses pencernaan makanan, sehingga tubuh Anda akan lebih banyak mengeluarkan gas (kentut).

Selain itu, minum air hangat juga bisa bermanfaat untuk membantu mencegah dan meredakan gejala maag atau penyakit asam lambung.