Rektor Unila Minta Keuangan Kampus Dikelola dengan Sehat

Rektor Unila Minta Keuangan Kampus Dikelola dengan Sehat
Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Lusmeilia Afriani (tiga dari kanan) bersama 4 Wakil Rektor Unila dan Ketua LPPM Unila usai acara pelantikan di Gedung Rektorat Unila, Kamis (16/2). Foto: Humas Universitas Lampung

WartaNiagaRektor Unila minta keuangan kampus dikelola dengan sehat dan efektif.

Pesan itu disampaikan Rektor Unila (Universitas Lampung) Prof Lusmeilia Afriani pada acara pelantikan 4 Wakil Rektor Unila dan Ketua LPPM Unila, Kamis, 16 Februari 2023.

Baca Juga: 4 Wakil Rektor Universitas Lampung Dilantik

Khusus kepada Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Rudy, Rektor Unila minta keuangan kampus dikelola dengan sehat.

“Kepada Wakil Rektor II, saya berpesan agar dapat mengelola keuangan kampus dengan sehat dan efektif,” kata Prof Lusmeilia dalam sambutannya.

“Mulai sekarang harus dipikirkan untuk menggali sumber dana lain,” lanjut Rektor.

Menurut Prof Lusmeilia, hal tersebut perlu dilakukan karena biaya pendidikan di perguruan tinggi semakin besar dan tidak semua mahasiswa mampu membayar.

“Unila perlu berinovasi untuk mengembangkan sumber-sumber pendapatan baru melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki di antaranya: Aset Lahan, SDM, dan Infrastruktur Laboratorium,” jelas dia.

Rektor Unila menekankan pentingnya meningkatkan pengelolaan unit bisnis sebagai sumber keuangan kampus.

Pengelolaan unit bisnis memanfaatkan peluang di dalam dan luar kampus melalui badan usaha akademik dan badan usaha non akademik.

“Saya yakin jika kita kompak, kita bersatu, akan mampu melakukan banyak hal demi kemajuan Universitas Lampung,” kata dia kepada Wakil Rektor II, Rudy.

Berikut pesan-pesan Rektor Unila, Prof Lusmeilia, kepada masing-masing Wakil Rektor Unila dan Ketua LPPM Unila Habibullah Djimat yang turut dilantik di Gedung Rektorat Unila.

Kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Suripto Dwi Nyono, diminta untuk memastikan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Unila terlaksana dengan baik.

Untuk Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Anna Gustina Zainal, Rektor Unila meminta untuk mendukung dan membuat program yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa.

“Karena dengan prestasi, kampus kita, Unila, akan semakin terhormat dan dipercaya oleh masyarakat,” ujar Rektor.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prof Ayi Ahadiat, fokus untuk mewujudkan cita-cita besar Unila menuju World Class University.

“Kepada ketua LPPM saya berpesan untuk dapat menguatkan agenda riset yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan berbasis Ipteks dalam rangka meningkatkan reputasi akademik Unila,” kata Rektor.

Dia berharap para pejabat yang telah dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Penting bagi saudara untuk bekerja penuh dedikasi dan menjadi teladan bagi para staf di lingkungan kerja saudara,” pungkas Prof Lusmeilia.