Bagian Hukum Tata Negara FH Unila Gelar Seminar Publik, Temanya: Kinerja Penjabat Kepala Daerah dalam Mengakselarasikan Pembangunan

FH Unila Gelar Seminar Publik
Ketua Bagian HTN FH Unila, Dr. Yusdianto, SH, MH. (Sumber Foto: Dok. Pribadi).

WartaNiaga.ID – Bagian Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila), akan gelar Seminar Publik.

Seminar Publik yang akan di gelar oleh pihak FH Unila kali ini mengusung tema: “Kinerja Penjabat Kepala Daerah dalam Mengakselarasikan Pembangunan”.

Melalui Seminar publik ini, harapannya akan terungkap sejauh mana efektifitas kinerja para Penjabat (Pj) Kepala Daerah, dalam mengakselerasi pembangunan dan pelayanan publik di setiap daerah yang dipimpinnya.

Baca juga: PT Mitratani Dua Tujuh Jember Raih Penghargaan dari BPS Jawa Timur

Ketua Bagian HTN FH Unila, Dr. Yusdiyanto, SH, MH mengungkapkan, bahwa keberadaan Pj Kepala Daerah merupakan implementasi dari UU No.10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Perpu No. 1 Tahun 2014 tentang Pilkada mengatur soal Pilkada serentak di tahun 2024.

Sehingga semua daerah yang kepala daerahnya berakhir masa jabatan tahun 2022 dan 2023 diharuskan dipimpin oleh Pj Kepala Daerah.

“Di Lampung sampai saat ini, ada tujuh daerah yang dipimpin Pj Kepala Daerah, yaitu: Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus dan Pringsewu,” demikian ungkap Yusdiyanto, pada Minggu (19/5/2024).