Mahasiswa UIN Raden Intan Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk

Mahasiswa UIN Raden Intan Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk
Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung mengadakan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk di Desa Ceringin Asri, Way Ratai, Kamis (14/07/2022). Foto Dok Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung

WartaNiaga – Mahasiswa UIN Raden Intan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk. Hal ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung.

Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung mengadakan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk di Desa Ceringin Asri, Way Ratai, Kamis (14/07/2022).

Baca Juga : BEM Poltekkes Tanjungkarang Tanam Bakau di Desa Sidodadi 

Sosialisasi ini diisi oleh pemateri Promosi Kesehatan KUPT Puskemas Rawat Inap Bunut Kecamatan Way Ratai AD Irfantri.

Selain itu kegiatan juga dihadiri Promkes KUPT Puskesmas Rawat Inap Bunut, Aparatur Desa Ceringin Asri, serta masyarakat dan Mahasiswa KKN-DR.

AD. Irfantri menjelaskan bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypty.

“Faktor penyebabnya bisa karena tempat penampungan air yang menjadi sarang nyamuk di mana air tergenang dan dibiarkan terbuka,” Jelas pak AD.

Adapun hal yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk memberantas dan mencegah sarang nyamuk ialah dengan melakukan 3M Plus yaitu

1. Menguras bak mandi dan tempat penampungan air

2. Menutup tempat penampungan air

3. Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air

Serta plusnya adalah Mendaur ulang barang-barang bekas agar menjadi suatu barang yang baru dan bisa digunakan kembali.

kemudian penggunaan kelambu serta obat nyamuk dan menutup pentilasi menggunakan kasa.

Mahasiswa UIN Raden Intan Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk
Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung sedang melakukan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk. Foto Dok Mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung

Selanjutnya Rahadian Mareza selaku ketua pelaksana memaparkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini adalah salah satu program kerja nyata KKN-DR kami semoga dengan adanya sosialisasi ini semoga bisa memberi bermanfaat bagi masyarakat desa Ceringin Asri,” pungkas Reja.

Baca Juga : 12 Gejala Umum Diabetes yang Perlu Diwaspadai 

Kordinator Kelompok KKN-DR Desa Ceringin Asri Akmaludin Fasa mengatakan “Terimakasih untuk Kepala Desa dan masyarakat Ceringin Asri yang sudah menyukseskan dan mensupport kegiatan kami semoga materi yang didapatkan bisa di implementasikan dalam lingkungan hidup,” ujar Akmal.