PT LEGI Resmi Jadi Anak Perusahaan Pelindo Jasa Maritim

PT LEGI
PT Lamong Energi Indonesia atau LEGI resmi menjadi anak perusahaan Subholding PT Pelindo Jasa Maritim disingkat SPJM setelah melakukan penandatanganan perikatan pembelian saham PT LEGI. Foto: Istimewa.

WartaNiaga – PT Lamong Energi Indonesia atau LEGI resmi menjadi anak perusahaan Subholding PT Pelindo Jasa Maritim disingkat SPJM setelah melakukan penandatanganan perikatan pembelian saham PT LEGI.

SPJM adalah satu dari empat subholding di bawah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang dibentuk pasca merger pada 1 Oktober 2021 lalu.

SPJM sebelumnya mengelola 7 anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat.

Direktur Utama SPJM Prasetyadi menyebut PT LEGI resmi jadi anak perusahaan SPJM pada Kamis, 2 November 2023 kemarin.

“Jadi SPJM kini resmi menjadi parent atau induk perusahaan dari PT LEGI,” kata Prasetyadi di Makassar.

Bergabungnya PT LEGI ini, katanya, ditandai dengan nota kesepahaman oleh SPJM dengan PT Terminal Teluk Lamong atau TTL pada awal November 2023 di Pelindo Tower, Jakarta.

Baca juga: PTPN III Hibah Laboratorium ke IPB

Prasetyadi bersama Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong David Pandapotan Sirait telah menandatangani perjanjian perikatan jual beli tersebut disaksikan oleh perwakilan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Fahrus Salam selaku Group Head Manajemen Portofolio Anak Perusahaan Pelindo.

Dengan demikian penyertaan modal melalui pengambilalihan hak atas saham LEGI sebanyak 92.109 lembar saham atau 99 persen yang sebelumnya dimiliki oleh TTL dan telah diserahkan ke SPJM hari ini.

Selanjutnya, struktur kepemilikan saham PT LEGI saat ini adalah 99 persen dimiliki oleh SPJM, dan 1 persen dimiliki oleh Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia.

“Dengan penandatanganan tersebut, menandai milestone penting dimana LEGI secara resmi menjadi anak perusahaan bagi SPJM,” kata Prasetyadi.

Aksi korporasi ini merupakan implementasi dari pemurnian bisnis yang dilakukan di lingkungan Pelindo Group terhadap anak Perusahaan dan Perusahaan terafiliasi (cucu dan cicit Perusahaan Pelindo Group).

Pemurnian bisnis ini sendiri bertujuan untuk melakukan strukturisasi di lingkup Pelindo melalui Pemurnian Bisnis Pelindo Grup sebagai bagian dari inisiatif strategis sehingga struktur korporasi menjadi lebih efisien dan paling optimal.

Baca juga: Karyawan Terbaik PTPN III Tahun 2022 Diberi Penghargaan

Dengan demikian, lanjut dia, saat ini SPJM memiliki 8 anak Perusahaan, yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Services, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Equiport Inti Indonesia, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat, dan PT LEGI.