PTPN III Hibah Laboratorium ke IPB

PTPN III Hibah Laboratorium
PTPN III memberikan hibah berupa pembangunan laboratorium riset pengolahan kelapa sawit mini di kebun pendidikan dan penelitian kelapa sawit milik IPB di Jonggol, Jawa Barat. Foto: Istimewa.

WartaNiagaPTPN III memberikan hibah kepada Institut Pertanian Bogor atau IPB berupa pembangunan laboratorium riset pengolahan kelapa sawit mini di kebun pendidikan dan penelitian kelapa sawit.

Hibah laboratorium kepada IPB ini dilakukan PTPN III pada 18 Oktober 2023 kemarin.

Atas hibah tersebut, IPB memberikan apresiasi kepada Direktur Utama PTPN III Mohammad Abdul Ghani.

Apresiasi itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian IPB Suryo Wiyono.

Menurut Suryo Wiyono, Mohammad Abdul Ghani begitu peduli terhadap dunia pendidikan, terlebih lagi kepada Fakultas Pertanian IPB.

Merespons itu, Mohammad Abdul Ghani sebagai alumni Fakultas Pertanian IPB berharap agar laboratorium tersebut mampu meningkatkan keterampilan lulusan IPB.

Baca juga: PT SGN dan PT Pertamina Kerja Sama Produksi Bioetanol

“Nantinya, lulusan IPB akan siap kerja di industri kelapa sawit, termasuk di lingkungan PT Perkebunan Nusantara III,” kata dia.

Di momen menerima apresiasi itu, Mohammad Abdul Ghani menyatakan bahwa PTPN III saat ini berencana membangun Pabrik Kelapa Sawit Mini di atas lahan seluas 1.000 hektare.

”Pabrik Kelapa Sawit Mini ini ditujukan untuk pengolahan minyak goreng merah yang mengandung unsur betakarotin tinggi.

Ini dibutuhkan dalam rangka pencegahan stunting pada anak,” kata Abdul Ghani.

Untuk informasi, pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini ini merupakan kerja sama yang terjalin antara IPB dengan PTPN III dan anak usaha PTPN IV, PTPN V dan PTPN VI dan PTPN X.

Pabrik Kelapa Sawit Mini tersebut dibangun untuk mengolah Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Crude Palm Oil (CPO), dengan kapasitas dua ton TBS per jam.

Baca juga: PTPN V Bangun PTBg Co-Firing Bersama Jepang

Pengembangan Pabrik Kelapa Sawit Mini ini disebut PTPN III sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, yakni mengembangkan pabrik pengolahan minyak sawit merah skala kecil untuk menyelesaikan masalah di perkebunan kelapa sawit rakyat dan solusi ketersediaan minyak goreng.

Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III Mahmudi menilai, IPB memang mempunyai kepakaran industri sawit, mulai dari hulu hingga hilir serta digitalisasi atau komputerisasi.

“Dengan demikian, PTPN III akan melakukan riset bersama dengan IPB. Pada saat ini telah diseleksi proposal riset untuk mendukung bisnis PTPN III dan telah dialokasikan dana riset untuk jangka panjang,” ujarnya pada Oktober tahun 2022 lalu.

Adapun kerja sama tersebut dimulai dengan dilakukan acara peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini bersama Rektor IPB Arif Satria di Kebun Pendidikan dan Penelitian Kelapa Sawit IPB, di Jonggol, Kabupaten Bogor.