Jasa Perpustakaan KH Ahmad Hanafiah

Wartaniaga.id
Penandatanganan Kerjasama UIN Raden Intan dengan Pemkab Lampung Timur. Foto Kominfo Lamtim

Warta Niaga – Perpustakaan KH Ahmad Hanafiah memiliki jasa terhadap pendirian perguruan tinggi keagamaan islam negeri di Lampung.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya untuk diusulkan kepada negara sebagai pahlawan nasional dari Lampung.

Baca Juga : Pemkab Lampung Timur dan UIN Raden Intan Kerja Sama 

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN RIL Prof. Wan Jamaluddin. Menurut dia, perpustakaan KH Ahmad Hanafiah dihanguskan oleh Belanda, termasuk pondok pesantren.

“Tapi Alhamdulillah, sebagian kecil masih ada yang terselamatkan. Dalam katagori saya, itu sudah banyak. Khasanah literatur berbahasa Arab tidak sebanyak beliau,” ucap dia.

“Kalau saja tidak dibakar, maka banyak lagi khasanah yang kita dapatkan. Dari situ, perguruan tinggi Islam negeri mulai dibangun,” papar Prof.Wan Jamaluddin,” ujar dia.

Dengan semua riwayat itu, sambung dia, maka sangat pantas diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional.

“Insya Allah tahun ini  (selesai). Sekarang kita sedang minta tolong Prof. Dahuri yang masuk dalam penasihat Presiden. Kemudian perjuangan lainnya ke Kemensos. Terus dikawal sampai ke Istana Merdeka,” imbuhnya.

Cucu KH Ahmad Hanafiah, Kemas Tohir Hanafi mengungkapkan, dengan pengajuan kakeknya sebagai pahlawan nasional, diharapkan ideologinya akan terus berjalan sampai kapanpun.

Baca Juga : Kisah Heroik Perang Gerilya Gele Harun di Lampung Barat 

“Saya hanya keturunan biologis saja. Tetapi untuk ideologisnya, milik kita semua. Sosok yang selalu memimpin organisasai pada saat itu. Meskipun saya belum lahir,” pungkasnya.