Hari Gajah Sedunia Diperingati di Car Free Day Liwa

Hari Gajah Sedunia Diperingati di Car Free Day Liwa
Hari Gajah Sedunia diperingati di SDN Sukamarga dan SDN Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat, Jumat (12/8). Foto: Arsip YKWS

WartaNiaga – Hari Gajah Sedunia diperingati di Car Free Day Liwa, Lampung Barat, pada Minggu, 14 Agustus 2022, besok.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Konsorsium Barisan Selatan bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB TNBBS), WCS-IP, dan PDAM Limau Kunci.

Baca Juga : Hari Gajah Sedunia Disambut Kelahiran Bayi Gajah di Lembah Hijau

“Peringatan Hari Gajah Sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian gajah,” kata Pengendali Ekosistem Hutan Resor Suoh, BB TNBBS, Wardono, dalam keterangannya, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Dia menjelaskan gajah merupakan satwa kunci Pulau Sumatera yang memiliki wilayah jelajah yang tetap dan sudah berada di Bukit Barisan sejak lama, bahkan sebelum manusia memasuki kawasan.

“Menangani konflik gajah manusia membutuhkan lebih banyak orang yang peduli gajah. Kami sudah melakukan edukasi, dan saat ini masyarakat sudah mulai kompak,” ujar dia.

Dalam rangkaian peringatan Hari Gajah Sedunia, lanjut Wardono, Konsorsium Barisan Selatan telah melakukan edukasi pelestarian satwa mamalia terbesar tersebut terhadap 200 pelajar sekolah dasar di SDN Sukamarga dan SDN Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat, pada Jumat, 12 Agustus 2022.

“Kegiatan serupa juga akan digelar di empat desa penyangga TNBBS yakni Matatai, Sumber Agung. Tugu Ratu, dan Gunung Ratu,” kata Wardono.

Manager Program, Sunarni Widya Astuti, berharap masyarakat dapat membangun hubungan yang harmonis dengan gajah.

“Kita mengajak masyarakat untuk memahami bahwa ada kebutuhan dalam kehidupan kita terhadap gajah. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, masyarakat yang berada di sekitar kawasan konservasi harus bersedia untuk saling berbagi ruang kehidupan,” ujar Sunarni.

Baca Juga : Pulau Pahawang Masuk 50 Besar ADWI 2022 

Konsorsium Barisan Selatan terdiri dari Yayasan Konservasi Way Seputih, Repong Indonesia, dan Pili.

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati, mengatakan, malam ini, peringatan Hari Gajah Sedunia juga akan digelar di Pekon Sukamarga dengan nonton bareng layar tancap bersama masyarakat.