Pulau Pahawang Masuk 50 Besar ADWI 2022

Pulau Pahawang Masuk 50 Besar ADWI 2022
Wisatawan yang menuju Pulau Pahawang menyeberang dari Dermaga 1 Ketapang, Teluk Pandan, Pesawaran, Senin (16/5). Foto: Josua Napitupulu

Warta Niaga – Desa wisata Pulau Pahawang masuk 50 besar ADWI 2022 bersama 3.418 desa wisata se-Indonesia.

Pulau Pahawang mewakili Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga : Pulau Pahawang Oke Tapi Akses Jalannya Sempit dan Berlubang

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mendorong Desa Wisata Pulau Pahawang untuk lebih meningkatkan kualitas dan kreatifitas.

“Saya berharap raihan ini bisa menjadi motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Baik itu warga Desa Pahawang dan desa-desa lain di Pesawaran,” kata Dendi pada Senin, 23 Mei 2022.

Pulau Pahawang akan ditinjau langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan tim juri ADWI 2022.

“Berdayakan sumber daya desa yang ada, sempurnakan 7 indikator yang harus dipenuhi sebagai desa wisata,” ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Ketut Partayasa, menyampaikan Pulau Pahawang masuk 50 besar ADWI 2022 dan harus memenuhi 7 indikator.

Yaitu penerapan CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

“Tahapan akhir, kunjungan langsung tim juri yang akan menentukan juara ADWI 2022,” kata Ketut.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Pesawaran, Yudiana, mengatakan pemerintah daerah terus memberikan pendampingan kepada masyarakat desa wisata Pulau Pahawang yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Kami terus mendampingi Pokdarwis Pahawang untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola indikator-indikator penilaian,” ujar Yudiana.

Baca Juga : Desa Wisata Pahawang Masuk 50 Desa Terbaik ADWI 2022

Dia berharap dengan Pulau Pahawang masuk 50 besar ADWI 2022 bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Tentunya nama Desa Wisata Pulau Pahawang akan dikeal lebih luas lagi di level nasional,” kata dia.