Lampung Sundanese Arts Festival Ke-7 Tahun 2023

Lampung Sundanese Arts Festival Ke-7 Tahun 2023
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (depan) dan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal (belakang) diarak dengan Sisingaan atau Gotong Singa pada acara Lampung Sundanese Arts Festival Ke-7 Tahun 2023 di Pantai Way Batang, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat, Jumat (21/7/2023). Foto: Arsip Biro Adpim Pemprov Lampung

WartaNiagaPemerintah Provinsi Lampung kembali menggelar festival seni budaya, Lampung Sundanese Arts Festival, setelah Karnaval Budaya Maskland.

Baca Juga: Storynomics Pariwisata Lampung di K-Fest 2023

Lampung Sundanese Arts Festival Ke-7 Tahun 2023 berlangsung di Kabupaten Pesisir Barat pada 21-23 Juli.

Festival ini dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Jumat (21/7/2023), di Pantai Way Batang, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat.

Pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya, agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Arinal dalam sambutannya.

Lampung Sundanese Art Festival merupakan pertunjukan seni dan budaya Sunda yang digelar setiap dua tahun sekali.

Baca Juga: Tubaba Art Festival 2023 Dibuka Tari Nenemo dan Teater Musikal Bunian

Gubernur menyampaikan festival seni budaya menjadi sarana untuk mewujudkan program Rakyat Lampung Berjaya.

“Salah satu dari 33 agenda kerja kami untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya adalah Lampung Kaya Festival,” kata dia.

Melalui Lampung Kaya Festival, Arinal mengajak masyarakat untuk berkolaborasi, berinovasi, dan beradaptasi dengan tren seni terkini.

Sehingga potensi seni dan budaya yang ada di Provinsi Lampung terus dibangkitkan dan dimanfaatkan secara kreatif untuk mengembangkan ekonomi kreatif daerah,” ujar dia.

Lampung Sundanese Art Festival bertujuan mengenalkan kolaborasi budaya Sunda dan Lampung.

Festival seni budaya menguatkan keberagaman budaya sebagai bagian dari identitas nasional, khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

Kegiatan yang diikuti berbagai komunitas seni dan budaya, baik dari dalam maupun luar Provinsi Lampung, menjadi aset tak ternilai bagi masyarakat Lampung,” kata Arinal.

Dia berharap Lampung Sundanese Arts Festival Ke-7 Tahun 2023 memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan masyarakat Lampung saling menghormati dan menjaga kerukunan meskipun berbeda suku.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada orang Sunda dari seluruh Lampung di Kabupaten Pesisir Barat,” ujar dia.

Agus mengajak para peserta festival seni budaya untuk menjaga kekompakan dan menikmati keindahan pariwisata di Pesisir Barat.

“Masyarakat Lampung kalau sudah kompak, apapun yang kita cita-citakan bersama pasti dapat terlaksana,” tutup dia.

Baca Juga: Pesona Tapis Lampung di Pulau Dewata