Kampung Vietnam di Bandar Lampung Ditutup Sementara

Kampung Vietnam di Bandar Lampung Ditutup Sementara
Objek wisata Kampung Vietnam di Kelurahan Sumber Agung, Kemiling, Kota Bandar Lampung, sepi pengunjung setelah ditutup oleh Disperkim kota setempat, Jumat (21/7/2023) siang. Foto: Josua Napitupulu

WartaNiaga – Kampung Vietnam di Bandar Lampung ditutup sementara karena tak memiliki izin lingkungan dan PBG (Persetujuan Bangunan dan Gedung).

Pemerintah Kota Bandar Lampung menutup sementara objek Wisata Puncak Vietnam di Kelurahan Sumber Agung, Kemiling.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Bandar Lampung Yusnadi Ferianto mengatakan Kampung Vietnam ditutup sementara karena belum memiliki izin lingkungan dan PBG.

“Pada prinsipnya mereka mau daftar PBG. Tapi tidak bisa mendaftar karena belum mendapatkan izin lingkungan dari warga setempat,” kata Yusnadi di Bandar Lampung, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Tubaba Art Festival 2023 Dibuka Tari Nenemo dan Teater Musikal Bunian

Dia berharap pihak pengelola Kampung Vietnam segera mengurus izin lingkungan dan PBG untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

“Kami support karena dua tahun kemarin Covid-19. Masyarakat Bandar Lampung butuh wisata sebagai hiburan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar dia.

Yusnadi meminta pengelola Kampung Vietnam berkoordinasi dengan camat dan lurah setempat untuk mendapatkan izin lingkungan yang dibutuhkan dalam proses PBG.

Saya serahkan ke camat dan lurah agar dapat berkomunikasi untuk mendapatkan izin lingkungan. Setelah dapat izin lingkungan, nanti PBG bisa diproses,” kata dia.

Kampung Vietnam di Bandar Lampung ditutup sejak 14 hari lalu.

Empat spot Wisata Puncak Vietnam sudah ditutup selama kurang lebih 14 hari yaitu Puncak Vietnam, Tebing Vietnam, Kampung Vietnam, Jukung Vietnam.

Bahkan di jalan menuju objek wisata tersebut terpampang pengumuman dari Disperkim Kota Bandar Lampung bahwa semua lokasi Wisata Vietnam ditutup.

Memang enggak dibuka. Nggak tahu masalahnya apa. Ada yang bilang soal perizinan, ada juga yang bilang direnovasi,” ujar warga setempat, Achmad, Jumat (21/7/2023).

Terkait izin lingkungan Kampung Vietnam di Bandar Lampung, Achmad mengaku tidak keberatan dengan kehadiran Kampung Vietnam di daerahnya.

“Saya sih setuju-setuju saja. Nggak tahu kalau yang lain. Tapi, sampai sekarang belum ada yang ke rumah minta tanda tangan itu,” pungkas dia.

Baca Juga: Siswa SMA Fransiskus Bandar Lampung Raih Medali Perak di IPhO