Bandar Lampung Susun Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program

Bandar Lampung Susun Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program
Bimtek penyusunan Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program Unggulan Tahap I di Aula Semergou Pemkot Bandar Lampung, Senin (20/6). Foto: Josua Napitupulu

WartaNiaga – Bandar Lampung susun Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program Unggulan Tahap I setelah terpilih sebagai salah satu kota dari 71 daerah se-Indonesia.

Baca Juga : Badan POM Berbagi Tips Membeli Obat Secara Aman di Toko Online

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Bandar Lampung, Yanwardi, menyampaikan penyusunan Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program merupakan tindak lanjut dari Surat Kemkominfo RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Nomor: B-003/DJAI/AI.01.04/01/2022.

“Tentang Penyampaian Hasil Asesmen dan Nota Kesepakatan Antara Ditjen Aplikasi Informatika dengan Pemerintah Kab/Kota Terpilih tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas atau Smart City yang telah disahkan pada 20 April 2022,” ujar Yanwardi saat membuka kegiatan bimtek di Aula Semergou Pemkot Bandar Lampung pada Senin, 20 Juni 2022.

Yanwardi yang juga Kepala BPPRD Bandar Lampung menjelaskan Kota Bandar Lampung terpilih karena telah mengimplementasikan Smart City Nusantara dan berhasil memenuhi kriteria 4C yakni Community, Connectivity, Content, Collaboration.

“Pada hakikatnya Program Smart City telah kita laksanakan sejak beberapa tahun yang lalu oleh seluruh dinas dan instansi, badan yang berkaitan dengan sistem pelayanan publik secara berkesinambungan, link and match untuk meningkatkan kinerja Pemkot Bandar Lampung yang pada gilirannya dapat membantu percepatan pembangunan,” kata dia.

Kepala Diskominfo Bandar Lampung, Ahmad Nurizki Erwandi, selaku Ketua Pelaksana Bimtek, menyampaikan penyusunan Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program merupakan program yang sistematis berdasarkan data hasil analisis, dari data primer dan data sekunder, yang dimiliki setiap satuan kerja perangkat daerah di Kota Bandar Lampung.

“Hal yang mendukung terciptanya Kota Cerdas ini dibutuhkan banyak persiapan. Di antaranya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam tata kelola kota,” ujar Nurizky.

Baca Juga : BEM Poltekkes Tanjungkarang Tanam Bakau di Desa Sidodadi 

Bimtek penyusunan Masterplan Kota Cerdas dan Quick Win Program akan berlangsung pada 20-21 Juni 2022 dan dihadiri Rinawaty Butarbutar selaku Kepala Seksi Penerapan Peningkatan Kapasitas TIK Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo RI.