RIKs Cafe Unit Usaha Apindo Lampung Pamerkan Produk UMKM

RIKs Cafe Unit Usaha Apindo Lampung Pamerkan Produk UMKM
RIKs Cafe memberdayakan para pelaku UMKM dengan menyediakan tenan-tenan yang menawarkan kuliner. Foto: Josua Napitupulu

WartaNiaga – RIKs Cafe unit usaha Apindo Lampung pamerkan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Sesuai dengan namanya RIKs, Rumah Inovasi dan Kreatifitas, kafe ini menjadi tempat bertemunya para pengusaha dan pelaku UMKM di Provinsi Lampung.

Baca Juga : Kelezatan Menu Kerutup Ikan

“Kita menampung ide dari teman-teman yang punya kreatifitas dan coba kita up agar bisa kita berdayakan lebih maksimal,” ujar Manajer RIKs Cafe, Richo Tambuse, saat ditemui pada Sabtu, 4 Juni 2022, malam.

Kafe yang beralamat di Jalan Sultan Agung, Sepang Jaya, Kedaton, Kota Bandar Lampung ini masih dalam tahap soft opening sejak beroperasi pada 27 Mei 2022.

Lokasinya strategis berada tepat di pinggir jalan, mudah dijangkau, lahan parkir cukup luas, dan dekat dengan pusat perbelanjaan Mal Boemi Kedaton (MBK).

Richo Tambuse menjelaskan RIKs Cafe mengusung konsep Apindo Lampung Peduli UMKM.

“Kita mencoba create produk UMKM di sini. Jadi selain tenan-tenan kita siapkan juga galeri produk-produk UMKM dari Provinsi Lampung,” kata dia.

Berbagai produk-produk UMKM seperti makanan kemasan, handycraft, dan fashion ditawarkan dengan harga terjangkau bagi pengunjung RIKs Cafe.

“Kita dibantu oleh Disperindag Provinsi Lampung mulai dari etalase untuk memajang produk-produk UMKM, dan rencananya ada bantuan tenda untuk kita mengadakan bazar,” ujar Richo Tambuse.

RIKs Cafe Unit Usaha Apindo Lampung Pamerkan Produk UMKM
RIKs Cafe memamerkan produk-produk UMKM kepada pengunjung kafe di etalase bantuan dari Disperindag Provinsi Lampung. Foto: Josua Napitupulu

Ada cukup banyak produk-produk UMKM yang dipajang di etalase dan beberapa tenan yang disediakan untuk melayani selera kuliner pengunjung.

“Saat ini sedang kita mulai pendataan barang-barang yang dititipkan untuk dijual dan masyarakat cukup antusias,” kata dia.

Kehadiran RIKs Cafe, lanjut Richo, diharapkan bisa menjadi titik temu produsen dan konsumen, sehingga para pelaku UMKM bisa survive dan bangkit lagi usai pandemi Covid-19.

“Ini kiprah nyata Apindo Lampung bahwa Apindo punya atensi untuk membesarkan UMKM,” ujar dia.

Baca Juga : Nyeruit Ikan Nila Bakar di Saung Abang Pesawaran

RIKs Cafe memanfaatkan lokasi eks TK Pelangi dan buka setiap hari, Senin-Minggu, mulai pukul 10.00-22.00 Wib. Khusus hari Minggu buka hingga pukul 23.00 Wib.

“Ada pertunjukan Live Music dari band-band senior yang tergabung dalam komunitas musik rock dan anak-anak mahasiswa. Setiap malam beda jadwalnya ada musik rock, klasik, ngejam, dan stand up comedy,” pungkas Richo.