PT M27 Raih Skor A Resertifikasi British Retail Consortium

PT M27 Raih Skor
PT Mitratani Dua Tujuh atau biasa disingkat menjadi M27 berhasil raih skor A dalam resertifikasi British Retail Consortium Issue 9. Foto: Dokumentasi PT M27.

WartaNiagaPT Mitratani Dua Tujuh atau biasa disingkat menjadi M27 berhasil raih skor A dalam resertifikasi British Retail Consortium Issue 9.

Resertifikasi British Retail Consortium Issue 9 ini diketahui diselenggarakan oleh Badan Sertifikasi Indonesia Intertek yang berlangsung sejak 11 Oktober 2023 sampai 13 Oktober 2023.

Skor A yang PT M27 raih ini menjadi komitmen dari PT M27 dalam menyesuaikan standar keamanan pangan.

Ini diutarakan oleh Direktur PT M27 Tumbas Ginting dalam keterangan tertulisnya yang diperoleh pada 4 November 2023.

Tumbas Ginting menerangkan lagi bahwa kegiatan audit resertifikasi British Retail Consortium Issue 9 tersebut berguna untuk membantu perusahaan.

Khususnya, kata dia, dalam hal mengevaluasi langkah-langkah perusahaan dan juga untuk membuat strategi perusahaan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Baca juga: Petinggi PT Mitratani Dua Tujuh Dirombak

“Kita berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan improvement terhadap sistem produksi yang berjalan menyesuaikan standar keamanan pangan yang berlaku sehingga dapat memberikan rasa aman dan kepuasan bagi pelanggan,” ungkap Tumbas Ginting.

Sekadar infromasi, kegiatan audit resertifikasi British Retail Consortium Issue 9 yang berjalan selama 3 hari tersebut diawali dari area pabrik, area lingkungan perusahaan, hingga pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung yang melibatkan hampir seluruh perwakilan dari divisi.

Usai hal itu dilakukan, pada Jumat, 13 Oktober 2023 disimpulkan bahwa PT M27 berhasil raih skor A.

Kesimpulan itu disampaikan berdasarkan hasil audit yang dikemukakan oleh Dian Afriani selaku pihak Auditor kepada pihak manajemen perusahaan.

PT M27 sendiri adalah anak usaha PTPN X yang bergerak di bidang agroindustri edamame, okra, dan buncis.

Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini memiliki sebuah pabrik di Mangli, Kaliwates, Jember.

Baca juga: Buyer Jepang dan PT M27 Kembali Teken Kerja Sama

Apa itu British Retail Consortium?

British Retail Consortium [BRC] adalah standar yang berbasis di Inggris untuk manajemen keamanan dan kualitas makanan.

BRC menawarkan berbagai tanda sertifikasi, seperti BRC Global Standard for Food Safety dan BRC Global Standard for Packaging & Packaging Materials.
Standar keamanan pangan BRC terkenal dengan kriteria ketatnya. BRC memberikan pedoman untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi dan mengikuti semua peraturan keamanan pangan.

Standar BRC adalah standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang menetapkan standar yang harus diikuti oleh produsen makanan untuk membuat makanan yang aman dan sehat.

Standar ini juga mencakup kriteria untuk meningkatkan kualitas dan keamanan pangan pada semua tahapan proses pembuatan pangan, termasuk produksi, pengemasan, penyimpanan, dan distribusi.

Sertifikat BRC merupakan persyaratan di banyak negara sebelum produk makanan dapat dijual atau diekspor.

Mengapa Sertifikat British Retail Consortium penting?

Sertifikat BRC memastikan bahwa standar keamanan dan kualitas pangan tertinggi terpenuhi di setiap tahap proses produksi.

Baca juga: PT SGN dan PT Pertamina Kerja Sama Produksi Bioetanol

Sertifikat BRC adalah tanda jaminan yang diakui secara internasional dan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap standar tinggi dalam keamanan pangan, kontrol kualitas, dan ketertelusuran.

Ini juga membantu melindungi konsumen dengan memastikan bahwa produk makanan aman untuk dikonsumsi.

Berikut manfaat utama dari mendapatkan BRC sertifikat:

  • Menjaga Kualitas Produk.
  • Memastikan Integritas Kemasan Produk.
  • Memastikan Pengiriman Produk yang Aman ke Pelanggan.
  • Pastikan Tindakan Keamanan Pangan ada di semua Fase Proses Manufaktur.