Penerimaan Bea Cukai Tahun 2023 Capai Rp286,2 Triliun

Penerimaan Bea Cukai
Logo Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (Sumber Foto: www.beacukai.go.id).

WartaNiaga.ID – Tutup tahun 2023, penerimaan Bea Cukai raih angka Rp286,2 triliun. Angka tersebut hanya mencapai 95,4 persen dari target APBN.

“(Penerimaan) Bea Cukai tidak mencapai 100 persen, yaitu 95,4 persen dari target (APBN) atau Rp286,2 triliun,” demikian ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani, dalam Konferensi Pers Kinerja dan Realisasi APBN 2023, pada Selasa (2/1/2024), dikutip dari laman www. beacukai.go.id.

Lebih rinci, Menkeu mengungkapkan, bahwa total penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai mencapai Rp286,2 triliun. Capaian penerimaan ini terdiri atas cukai senilai Rp221,8 triliun, bea masuk senilai Rp50,8 triliun, dan bea keluar senilai Rp13,9 triliun.

Baca Juga: Colony Billiard and Cafe Hadir di Bandarlampung

Penurunan penerimaan negara di sektor cukai disebabkan oleh dampak kebijakan dari pengendalian minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dan rokok, serta upaya menjaga keberlangsungan tenaga kerja industri rokok.

Sedangkan penurunan di sektor bea masuk disebabkan karena adanya penurunan impor. Sementara di sektor bea keluar disebabkan oleh penurunan harga sawit dan bauksit, serta dampak kebijakan hilirisasi ekspor.

Di sisi pelayanan, kata Menkeu meneruskan, Bea Cukai terus berupaya mendorong sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menembus pasar internasional melalui fasilitas kepabeanan dan asistensi ekspor.