Pastabel dan Esapala Kampanye Peduli Sampah di Pesisir Bandar Lampung

Pastabel dan Esapala Kampanye Peduli Sampah di Pesisir Bandar Lampung
Siswa pecinta alam se-Provinsi Lampung menggelar aksi Bersih Pantai dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove di Pantai Keteguhan, Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, 18-19 Februari 2023. Foto: Josua Napitupulu

WartaNiaga – Pastabel dan Esapala kampanye peduli sampah di pesisir Bandar Lampung dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023.

Ratusan siswa pecinta alam di Provinsi Lampung menggelar aksi Bersih Pantai dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove di Pantai Keteguhan, Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, 18-19 Februari 2023.

“Kegiatan ini untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023,” kata Dimas Aryo Wibowo selaku Ketua Pelaksana Bersih Pantai dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove, Minggu 19 Februari 2023.

Baca Juga: Petani Hutan Desa Banjaran Sejahtera Berkat Agroforestri

Aksi Bersih Pantai dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon Mangrove mengusung tema “Hal Kecil untuk Suatu yang Besar”.

Gerakan ini diinisiasi oleh Pecinta Alam Semesta Putera Belantara (Pastabel) SMKN 4 Bandar Lampung dan Pecinta Alam SMAN 1 Bandar Lampung (Esapala).

“Ini merupakan aksi pertama kami,” ujar Dimas yang juga Ketua Umum Pastabel SMKN 4 Bandar Lampung 2022-2023.

Aksi solidaritas sesama siswa pecinta alam ini melibatkan 55 instansi, termasuk pemerintah daerah, dengan jumlah peserta mencapai 243 orang yang mayoritas siswa pecinta alam.

“Mereka dari seluruh pecinta alam di Provinsi Lampung; lembaga-lembaga yang peduli lingkungan dan ekstrakurikuler berbagai SMA/SMK. Jadi terbuka untuk umum,” jelas Dimas.

Baca Juga: Reforest Camp Bersama Setapak Adventure di Dusun Wonorejo

Dia mengapresiasi dukungan yang telah diberikan mahasiswa pecinta alam dan kelompok masyarakat sipil peduli lingkungan.

“Sesuai dengan tema kegiatan ini, aksi solidaritas dari hal kecil untuk sesuatu yang besar,” kata dia.

Pastabel dan Esapala Kampanye peduli sampah memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023 yang jatuh setiap tanggal 21 Februari di Pantai Keteguhan.

“Kami memilih Pantai Keteguhan karena memiliki potensi wisata dan belum ada yang ngurus,” ujar Dimas.

Diketahui, pesisir Kota Bandar Lampung dengan jenis pantai berpasir memiliki potensi wisata bahari jika dikelola dengan baik.

“Pemerintah daerah mungkin sudah masif sosialisasi tentang sampah ini,” kata dia.