Parosil Mabsus Peringati Hari Gajah Sedunia 2022 di CFD Liwa

Parosil Mabsus Peringati Hari Gajah Sedunia 2022 di CFD Liwa
Peringatan Hari Gajah Sedunia 2022 pada acara Car Free Day di Taman Kota Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Minggu (14/8). Foto: Diskominfo Lampung Barat

WartaNiaga – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus peringati Hari Gajah Sedunia 2022 di CFD Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Minggu, 14 Agustus 2022.

Acara Car Free Day di Taman Kota Liwa juga dalam rangka memeringati HUT Ke-77 RI dan HUT Ke-27 PDAM Limau Kunci.

Baca Juga : Hari Gajah Sedunia Diperingati di Car Free Day Liwa

“Peringatan Hari Gajah Sedunia ini penting untuk menyebarkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberlangsungan hidup hewan mamalia tersebut,” ujar Parosil Mabsus.

Keberlangsungan hidup gajah, lanjut Bupati, terutama di daerah Asia dan Afrika sudah terancam punah.

“Dengan adanya peringatan ini diharapkan kepedulian masyarakat terhadap hidup gajah semakin meningkat,” kata dia.

Bupati menyampaikan rangkaian peringatan satwa kunci Pulau Sumatera tersebut sudah dimulai sejak 11 Agustus 2022.

Dengan melakukan kunjungan ke sekolah atau Visit to School SDN I Gunung Ratu, Bandar Negeri Suoh, dan SDN Sukamarga, Suoh.

Kemudian dilanjutkan dengan nonton bareng layar tancap di Balai Pekon Sukamarga pada Sabtu, 13 Agustus 2022, malam.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mencintai dan ramah lingkungan, mari kita tunjukkan Kabupaten Konservasi itu ada di Kabupaten Lampung Barat,” ujar Parosil Mabsus.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus peringati Hari Gajah Sedunia 2022 di CFD Liwa bersama kurang lebih 500 masyarakat setempat.

Turut dihadiri anggota Komisi I DPR RI Drs Mukhlis Basri, Disperindag Provinsi Lampung Muhammad Zimmi Skil, Forkopimda Lampung Barat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan masyarakat.

Bupati mengatakan berbagai kegiatan digelar pada event tersebut di antaranya Pasar Budaya, Bazar UMKM, Senam Lampung Barat Hebat, Liwa Fashion Street, Pemeriksaan Kesehatan Hewan, Vaksinasi Covid-19.

Peringatan Hari Gajah Sedunia 2022 terselenggara berkat kerjasama Pemkab Lampung Barat, PDAM Limau Kunci, Balai Besar TNBBS yang diwaliki oleh BPTN II Liwa bersama mitra kerja; Konsorsium Barisan Selatan (Repong Indonesia-YKWS-PILI), WCS-IP.

“Acara makin marak dengan banyaknya doorprize dan media kampanye pelestarian gajah sumatera. Semoga harmonisasi manusia dan satwa liar akan selalu terjalin dengan baik,” kata dia.

Doorprize tersebut berupa satu unit Sepeda Listrik, satu unit Sepeda Gunung, satu unit Mesin Cuci, dua voucher belanja, dan hadiah menarik lainnya.

Baca Juga : Hari Gajah Sedunia Disambut Kelahiran Bayi Gajah di Lembah Hijau 

“Pada Peringatan Hari Gajah Sedunia 2022 ini juga kita serahkan secara simbolis kartu PBI JKN bagi 96 warga Pekon Sebarus, 186 warga Kelurahan Pasar Liwa, dan 134 warga Kelurahan Way Mengaku,” pungkas Parosil Mabsus.