Lanakila Lake Wisata Alam Instagramable di Pringsewu

Lanakila Lake Wisata Alam Instagramable di Pringsewu
Lanakila Lake wisata alam instagramable di Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Provinsi Lampung. Foto: Instagram @lanakila.lake

WartaNiaga – Lanakila Lake wisata alam instagramable di Pringsewu tepatnya di Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Provinsi Lampung.

Objek wisata Lanakila Lake mengusung konsep back to nature atau kembali ke alam yang saat ini menjadi tren pariwisata di berbagai dunia pasca pandemi Covid-19.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini menjadi salah satu primadona yang menjadi sektor unggulan dalam rangka meningkatkan pendapatan atau devisa, bukan hanya di Indonesia, bahkan di banyak negara,” kata Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, saat meresmikan Lanakila Lake, Kamis, 16 Maret 2023.

Baca Juga: Pantai Air Panas di Sukamaju Bandar Lampung

Lanakila Lake wisata alam instagramable di Pringsewu dengan view danau buatan, Bendungan Way Sekampung, yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (2/9/2021) lalu.

Bendungan multifungsi ini yang dibangun sejak 2016 menelan biaya Rp1,78 triliun dan memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dengan luas genangan seluas 800 hektare.

Baca Juga: Reforest Camp Bersama Setapak Adventure di Dusun Wonorejo

Kehadiran proyek strategis nasional di Pringsewu berhasil menumbuhkan industri ekonomi kreatif yang mendorong geliat perekonomian di kabupaten setempat.

Erlansyah mengajak pemilik modal untuk mengembangkan potensi wisata alam di Pringsewu dengan kemudahan perizinan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Masih banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan di Bendungan Way Sekampung seperti agrowisata, dan beragam sentra industri ekonomi kreatif yang dibina oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu,” ujar Erlansyah.

Dia berharap Lanakila Lake semakin berkembang dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Lampung kedepannya.

Lanakila Lake mengajak wisatawan menikmati pemandangan alam yang Instagramable di sepanjang aliran sungai Bendungan Way Sekampung, Pringsewu.

Direktur CV Lanakila Pamenang Berkarya, Bagus Prasojo, mengatakan Lanakila Lake sudah dibuka bagi masyarakat sejak 1 Januari 2023.

“Proses pembangunannya sudah dimulai sejak Mei 2022, dan hingga sekarang sudah mencapai 75 persen. Karena spot-spotnya dinilai sudah cukup banyak, sehingga dilakukan grand opening,” ujar Bagus.

Baca Juga: Berselancar dengan Kayak di Teluk Ratai Pesawaran

Lanakila Lake yang viral di kalangan pecinta foto mengusung konsep back to nature dengan kafe bernuansa alami seperti bangunan gazebo dan food court terbuat dari kayu dicat plitur.

Pihak pengelola bekerja sama dengan masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Cakra Pesona.

Baca Juga: Pesona Rhino Camp dan Pemerihan di TNBBS

Bagus memberdayakan masyarakat sekitar guna mengelola tenan yang telah disediakan CV Lanakila Pamenang Berkarya.

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu atas dukungan yang diberikan, dengan memberikan kemudahan dalam hal perizinan Lanakila Lake,” kata dia.