Cadangan Devisa Indonesia Naik, Hingga Akhir Desember 2023 Tembus 146,4 Miliar Dolar AS

Cadangan Devisa Indonesia Naik
Info Grafis Cadangan Devisa Indonesia Bulan Desember 2023. (Sumber: www.bi.go.id).

WartaNiaga.ID – Cadangan devisa Indonesia, dilaporkan oleh pihak Bank Indonesia naik. Hingga akhir Desember 2023 angkanya tembus 146,4 miliar dolar AS.

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2023 ini, naik dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2023, yakni sebesar 138,1 miliar dolar AS.

Kenaikan posisi cadangan devisa Indonesia ini, antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Baca Juga: Kinerja Ciamik pada Tahun 2023, BRI Raih Penghargaan Bertaraf Internasional

Baca Juga: Lampaui Target, Penerimaan Pajak Tahun 2023 Tembus Rp1.869,2 Triliun

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Menurut keterangan Bank Indonesia, bahwa cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Pihak Bank Indonesia juga mengutarakan, bahwa ke depannya, cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

Baca Juga: Penerimaan Bea Cukai Tahun 2023 Capai Rp286,2 Triliun

Baca Juga: Kinerja Operasional Pertamina NRE Naik Signifikan di Tahun 2023

Seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (*)