Angel’s Wing Lampung Ditutup

Angel's Wing Lampung Ditutup
Pihak pengelola Angel's Wing Lampung melalui akun Instagram @angelswing_lpg menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggannya. Foto: Tangkapan Layar

WartaNiagaAngel’s Wing Lampung di Jalan Raden Intan, Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung ditutup paksa oleh pemerintah kota setempat, Sabtu, 4 Februari 2023, malam.

Angel’s Wing Lampung ditutup paksa dengan memasang segel dan stiker “Tempat Ini Disegel oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung”.

“(Angel’s Wing) ini kami segel karena izin yang dimaksudkan dengan pelaksanaan kafe di lapangan tidak sesuai,” kata Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, yang memimpin langsung penyegelan.

Wali Kota menyampaikan Angel’s Wing Lampung mengantongi izin usaha Resto dan Kafe dari Pemkot Bandar Lampung.

“Di dalamnya, kafe dan resto ini juga menjual minuman keras yang tidak berizin,” ujar dia.

Selain itu, jam operasional Angel’s Wing Lampung juga dianggap melanggar peraturan.

“Seharusnya tutup pukul 22.00 WIB sesuai peraturan, tapi dilanggar hingga pukul 04.00 WIB,” kata dia.

Eva Dwiana merasa pengelola Angel’s Wing Lampung telah membohongi Pemkot Bandar Lampung karena izin usaha tidak sesuai peruntukannya.

“Kami sangat terbuka untuk siapapun yang ingin berinvestasi di kota ini, tapi harus sesuai peraturan, kalau seperti ini kami merasa dibohongi,” tegas dia.

Angel’s Wing dijaga ketat personel Satuan Polisi Pamong Praja.

Pemkot Bandar Lampung menerjunkan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengawasi Angel’s Wing Lampung pasca ditutup paksa.

“Kita akan jaga 24 jam, sesuai arahan Wali Kota,” ujar Kasatpol PP Kota Bandar Lampung, Ahmad Nurizki Erwandi.

Angel’s Wing Lampung dijaga ketat selama 24 jam bersama Dinas Perhubungan, BPBD, dan Damkar Kota Bandar Lampung.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPRD Kota Bandar Lampung, Benny HN Mansyur, menilai Angel’s Wing Lampung sebagai tempat hiburan malam tidak pantas berlokasi di pusat kota.

“Apakah Angel’s Wing sudah mendapatkan izin yang sesuai dengan usaha mereka yang menjual berbagai macam minuman keras,” ujar Benny pada Jumat, 3 Februari 2023.

Selain menyoal izin minuman keras, Benny juga menyoroti izin lingkungan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Angel’s Wing Lampung.

“Informasi yang kami terima, IMB Angel’s Wing juga belum diterbitkan oleh pemkot,” kata dia.

Benny menilai Angel’s Wing Lampung sebagai tempat hiburan malam berkapasitas besar, bukan sekelas Kafe dan Resto, tapi diskotik.

“Tempat itu sudah seperti diskotik yang memiliki risiko menengah tinggi. Meskipun izin sudah terdaftar melalui OSS, namun verifikasinya ada di Pemerintah Provinsi Lampung bukan lagi di pemkot,” jelas dia.

Angel’s Wing Lampung merupakan cabang yang kelima di Pulau Sumatera setelah Padang, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu.

“Ini cabang yang kelima di Sumatera, dan segera menyusul Medan, Bangka, Pangkalpinang, Samarinda, dan Balikpapan,” kata Owner Angel’s Wing, Andrew, Kamis, 2 Februari 2023.

Angel’s Wing Lampung beroperasi mulai siang hingga dinihari, pukul 11.00-03.00 WIB.

“Kami menjual makanan sebagaimana halnya restoran, menu Western dan Asia, serta berbagai minuman. Semua ada di sini,” ujar dia.

Andrew menuturkan Angel’s Wing Lampung mengusung konsep industrial yang dilengkapi fasilitas sofa premium, panggung live musik, lighting, hingga videotron.

“Setiap harinya Angel’s Wing mengadakan perform live musik dan DJ Player,” kata dia.

Angel’s Wing Lampung, lanjut Andrew, menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 85 orang sebagai karyawan.

Anggota DPRD Lampung dari Fraksi Gerindra, Rahmat Mirzani Djausal, berharap penutupan Angel’s Wing Lampung tidak berdampak pada investor yang ingin membuka usaha di Lampung.

“Investasi memberikan dampak positif terhadap perekonomian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ujar dia di Bandar Lampung, Sabtu, 4 Februari 2023, malam.

Ketua DPD Partai Gerindra Lampung ini menyarankan Angel’s Wing Lampung untuk segera melengkapi izin usahanya.

“Masyarakat juga harus turut mengawasi tempat-tempat usaha agar berjalan sesuai perizinannya,” kata Mirzani.

Baca Juga: Mirzani Djausal Nakhodai Persatuan Golf Indonesia Lampung