Pemkot Bandar Lampung Telusuri Isu Kelangkaan Kacang Kedelai

Wartaniaga.id
Kacang kedelai. Foto: Istimewa.

WANIPemkot Bandar Lampung telusuri isu kelangkaan kacang kedelai. Berdasarkan penelusuran yang berlangsung pada 23 Februari 2022 kemarin.

Pemkot Bandar Lampung menemukan adanya ketersediaan 30 ton kacang kedelai di salah satu gudang distributor milik Suwondo.

”(Terdapat) stok sebanyak 30 ton di gudang Suwondo di Jalan Tamin Tanjung dan Pasar Induk Tamin,” ungkap Kadis Pangan Bandar Lampung, I Kadek Sumarta pada 24 Februari 2022.

Atas temuan ini, Dinas Pangan Bandar Lampung membuat kesimpulan sementara bahwa kacang kedelai di Kota Bandar Lampung belum dapat dikategorikan mengalami kelangkaan.

Kadek mengatakan bahwa terdapat kenaikan harga kacang kedelai secara bertahap di level pemasok. Semula harga kacang kedelai dari Rp9.900 per Kilogram kini telah menjadi Rp11 ribu per Kilogram.

Kadek juga menuturkan bahwa kenaikan harga kacang kedelai juga terjadi di level distributor. Harga per Kilogram kacang kedelai disebutnya mencapai Rp11.500.

Selain itu, Kadek menyampaikan bahwa terdapat kisaran harga Rp13.500 per Kilogram dari kacang kedelai di Pasar Tamin, Kota Bandar Lampung. Penyampaian ini dia sampaikan berdasarkan sidak yang dilakukan di Pasar Tamin.