M Nasir Ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Lampung

M Nasir Ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Lampung
Wakil Ketua Asprov PSSI Lampung, Yoga Swara (dua dari kanan), berjabat tangan dengan Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Lampung, M Nasir. Foto: Arsip Asprov PSSI Lampung

WartaNiaga – Mantan pelatih Lampung Sakti FC M Nasir ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Lampung untuk Pra PON 2023.

M Nasir dipercaya Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Lampung untuk membentuk sendiri Tim Sepak Bola Pra PON Lampung.

“Kami sudah merekrut Pak Nasir sebagai Pelatih Kepala, beliau mantan pelatih Lampung Sakti FC,” ujar Wakil Ketua Asprov PSSI Lampung, Yoga Swara, saat dihubungi WartaNiaga, pada Rabu (17/5/2023).

PSSI Lampung memberikan kepercayaan kepada M Nasir untuk mewujudkan impian masyarakat Sai Bumi Ruwa Jurai selama 14 tahun terakhir.

“Kami menargetkan Tim Sepak Bola Lampung lolos ke PON (Pekan Olahraga Nasional) XXI Tahun 2024 di Sumut-Aceh. Sudah 14 tahun tidak pernah lolos,” kata Yoga.

Dia menuturkan kesuksesan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 edisi ke-32 Kamboja memberikan motivasi tersendiri bagi PSSI Lampung.

“Jadi, dengan momentum Timnas Indonesia bisa meraih medali emas, mudah-mudahan kami juga bisa lolos PON,” harap dia.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Ubah Wajah Sepak Bola Indonesia

M Nasir ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Lampung Pra PON 2023 untuk Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Pekanbaru, Riau.

Yoga menuturkan pelatih berlisensi A dari AFC (Asian Football Confederation) ini akan merekrut pemain sepak bola dari setiap daerah di Lampung.

“M Nasir sudah mengajukan program lengkap dan menyatakan siap bekerja keras memilih sendiri pemainnya dalam seleksi nanti,” ujar dia.

Seleksi terbuka berlangsung di 15 kabupaten/kota yang terbagi dalam empat zonasi.

“Nah, dari situ baru kami bentuk Tim Sepak Bola Lampung,” kata Yoga.

“Siapa tahu ada pemain bagus saat pertandingan Porprov atau Piala Suratin lalu yang belum termonitor atau terpantau,” lanjut dia.

Pelatih Kepala Tim Sepak Bola Pra PON Lampung, M Nasir, mengatakan seleksi terbuka mulai dilakukan pada pertengahan bulan Mei 2023.

Seleksi terbuka berlangsung estafet selama dua hari di tiap zonasi yakni Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Kota Bandar Lampung.

“Untuk di Kota Bandar Lampung, seleksi dipusatkan di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim,” ujar Nasir ketika dihubungi WartaNiaga pada Rabu (17/5/2023) malam.

Dia berharap insan sepak bola dan pihak-pihak terkait bisa memberikan dukungan dan semangat bagi Tim Sepak Bola Pra-PON Lampung untuk bisa mencapai target.

“Saya tidak hanya ditargetkan untuk lolos PON, tapi masuk empat besar. Secara pribadi, target saya menang,” kata dia.

Nasir mengaku optimis bisa mencapai target yang diharapkan pada Porwil 2023 di Pekanbaru, Riau, pada Oktober mendatang.

“Insyaallah, saya akan berusaha dan kerja keras. Saya butuh dukungan dari pelaku-pelaku sepak bola di Lampung untuk uji coba tim nanti,” ujar dia.

Laga uji coba, jelas Nasir, untuk mengukur kemampuan Tim Sepak Bola Pra PON Lampung 2023 yang baru dibentuknya.