Inovasi Teknologi BPPT Dorong Pengembangan EBT

Wartaniaga.id
Energi Terbarukan. Sumber energibaik.id

WANI – Badan Pengkajian dan Teknologi (BPPT) turut mengambil peranan dalam mendorong salah satu program pemerintah yakni pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya inovasi pada bidang teknologi.

Hal tersebut disampaikan melalui Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) BPPT, Eniya Listiani Dewi yang mengatakan bahwa BPPT telah berinovasi dalam pengembangan teknologi pilot plant untuk EBT bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Inovasi teknologi pilot plant ini antara lain adalah inovasi pembangkit listrik tenaga panas bumi skala kecil modular, Bahan Bakar Nabati (BBN) B-50, dan green fuel DED uji roadshow B50, pembangkit listrik tenaga biogas, hingga pengembangan sistem charging kendaraan listrik beserta kajian baterainya.

Tidak hanya itu, BPPT juga telah menerapkan teknologi smart grid di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Inovasi teknologi BPPT juga dilakukan dengan menghadirkan photovoltaic di Indonesia atas permintaan Kementerian ESDM.

Inovasi teknologi lainnya yang dilakukan BPPT adalah dengan turut menciptakan pengembangan kapasitas listrik dengan baterai.
Kapasitas listrik ini akan dibuat dengan kombinasi photovoltaic dan baterai. Bahkan inovasi baterai ini bisa diperpanjang lifetime-nya dua kali lipat lebih dari biasanya.

Inovasi teknologi yang dilakukan oleh BPPT dilakukan untuk mendukung pengembangan EBT skala besar dalam sistem ketenagalistrikan. Pengembangan ini dilakukan dalam upaya memenuhi target 23% bauran EBT di tahun 2025.

Peran inovasi teknologi di bidang EBT akan menjadi keberhasilan Indonesia mencapai target pemanfaatan EBT, terlebih biaya pendirian infrastrukturnya memiliki tren menurun setiap tahunnya.

Oleh karena itu, peluang ini harus dimanfaatkan melalui inovasi-inovasi dengan potensi yang ada serta dikelola secara maksimal.

Sumber: https://energibaik.id/inovasi-teknologi-bppt-dorong-pengembangan-ebt/