Apeksi 2022 Bandar Lampung Momentum Kebangkitan UMKM

Apeksi 2022 Bandar Lampung Momentum Kebangkitan UMKM
Kunjungan Wali Kota se-Indonesia ke Taman UMKM Bung Karno pada HUT Ke-22 Apeksi 2022 Bandar Lampung berhasil meningkatkan perekonomian pelaku UMKM setempat pada Sabtu (28/5). Foto: Josua Napitupulu

WartaNiaga – Wakil Wali Kota Bandar Lampung Deddy Amarullah menyampaikan peringatan HUT Apeksi 2022 Bandar Lampung momentum kebangkitan UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Baca Juga : Bima Arya Mendorong Kebangkitan Ekonomi Lokal Lewat UMKM

“HUT Apeksi 2022 ini start di dalam pemulihan ekonomi kita dari pandemi menuju endemi,” kata dia di Grahawangsa, Bumi Waras, pada Minggu, 29 Mei 2022.

Penutupan kegiatan Expo UMKM di Grahawangsa menandai berakhirnya rangkaian kegiatan HUT Ke-22 Apeksi Tahun 2022 di Bandar Lampung, 26-29 Mei.

Deddy Amarullah menyampaikan perputaran uang selama dua hari perhelatan Expo UMKM di Grahawangsa sejak dibuka oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada Jumat, 27 Mei, mencapai Rp1,4 miliar.

“Perputaran uang sudah besar sekali, alhamdulilah asas manfaatnya besar,” ujar dia.

Kegiatan perekonomian di Bandar Lampung yang lesu terdampak pandemi Covid-19 menjadi tumbuh kembali dengan kegiatan HUT Apeksi 2022 Bandar Lampung.

“Artinya ada rangsangan kegairahan usaha oleh masyarakat dan dampaknya kita menerima manfaat. Khususnya untuk penambahan income masyarakat,” jelas dia.

Kerjasama 98 Wali Kota yang tergabung dalam asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia (Apeksi) menjadi titik tolak kerjasama, kolaborasi, sinergi, untuk semangat membangun melalui jejaring UMKM.

“Apeksi lah yang mempromosikan ini dengan kolaborasi dan sinergi pemerintah kota,” tegas dia.

Transaksi di Taman UMKM Bung Karno Capai Rp800 Juta

Kepala Dinas Perindustrian Bandar Lampung, Adiansyah, menambahkan pelaku usaha di Taman UMKM Bung Karno mencatatkan transaksi jual beli hingga Rp800 juta.

“Perkiraan Rp500 juta lebih yang beredar di sana pada hari kunjungan (wali kota se-Indonesia) dengan hari ini mungkin Rp800 juta,” ujar dia.

Acara pendamping HUT Apeksi 2022 Bandar Lampung pada kegiatan gowes wali kota se-Indonesia, Sabtu, 28 Mei, berhasil meningkatkan kunjungan masyarakat hingga 6.000 orang.

“Di hari kedua ini masih banyak juga, ke depan, kita akan berusaha membuat event-event di situ (Taman UMKM Bung Karno),” kata Adiansyah.

Baca Juga : Harga Produk UMKM Tetap Murah di Apeksi 2022 Bandar Lampung

Sebelumnya, pada puncak peringatan HUT Apeksi 2022 Bandar Lampung di Novotel pada Jumat, 27 Mei 2022, malam, Ketua Apeksi Bima Arya menyampaikan total 3.500 orang mengunjungi Kota Bandar Lampung.

“Dan kalau dirupiahkan uang untuk bayar hotel, kuliner, cinderamata, tidak kurang dari Rp4 miliar,” kata dia.

HUT Apeksi 2022 Bandar Lampung diikuti 74 pemerintah kota se-Indonesia berserta rombongan dimana 58 wali kota hadir secara langsung.