6 Tips Memasak Rendang Lezat dan Empuk

WartaNiaga.ID
Foto Sajian Rendang. Sumber: kuali.com

WANI – Wow!!! Rendang, masakan khas Minangkabau ini, merupakan salah satu makanan asal negara kita, yang masuk jajaran kuliner terlezat sedunia.

Sebagai orang Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga, akan pencapaian ini. Dengan Kuliner khas nusantara ada yang masuk, sebagai makanan terlezat sedunia, hal ini merupakan bukti bahwa Kuliner Indonesia telah diakui dunia.

Baca Juga : Mengintip Sejarah dan Fakta Menarik di Balik Rendang

Ya, rendang memang sudah menjadi hidangan, legendaris untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.

Pada momen tertentu, sebagian besar keluarga dimasyarakat kita pasti menyajikan hidangan rendang sebagai menu utamanya. Seperti pada acara resepsi pernikahan dan momen hari besar keagamaan.

Saat acara resepsi pesta pernikahan, untuk menjamu para tamu undangan, rendang umumnya tersaji di meja prasmanan bersanding dengan aneka menu lainnya. Untuk disantap para tetamu yang hadir.

Demikian juga saat perayaan Idul fitri dan Idul Adha, hidangan rendang, sudah lumrah tersaji di meja makan pada mayoritas keluarga masyarakat indonesia.

Kelezatan menu rendang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang sangat menakjubkan kelezatan ini bahkan kini telah diakui juga oleh seluruh dunia.

Untuk dapat menghasilkan masakan rendang yang lezat dan empuk, dibutuhkan tips khusus dalam mengolahnya. Karena dengan pengolahan saat memasak rendang yang tepat, maka akan diperoleh hasil masakan yang lezat dengan daging yang empuk, yang dipadu dengan bumbu rempah khas nusantara dan porsi santan yang tepat pula.

Baca Juga : Tempe Penyet Sambal Kencur Pas Dilidah Indonesia

Edisi kali ini, (Sabtu, 11/09/2021). Redaksi WartaNiaga.ID (WANI), akan memberikan tips, cara mengolah rendang yang lezat dan empuk. Mohon disimak ya para sahabat kuliner!

WartaNiaga.ID
Foto Sedang Memasak Rendang. Sumber: wikipedia.com

Berikut ini, 6 Tips Mengolah Rendang  Lezat dan Empuk:

1. Pilih Bagian Daging yang Tepat
Untuk memperoleh hasil olahan rendang lezat dan empuk. Langkah pertama ini merupakan langkah yang sangat penting. Rendang merupakan masakan yang dimasak dalam waktu yang lama. Maka itu pilihlah bagian daging yang tidak mudah hancur. Daging bagian paha, merupakan pilihan tepat untuk memperoleh rendang yang lezat dan empuk.

2. Cuci Bersih Daging dan Aneka Bumbu
Langkah ke dua, untuk menghasilkan masakan rendang yang lezat dan empuk adalah lakukan pencucian daging dan aneka bumbu yang akan digunakan dengan bersih. Jika daging yang kita gunakan adalah daging yang disimpan pada freezer, diamkan dulu daging agar mencair. Jika telah mencair, potong-potong daging sesuai selera ukurannya. Teknik pemotongannya harus melintang serat. Setelah itu cuci daging dengan bersih. Juga jangan lupa cuci bersih semua bumbu sebelum dihaluskan.

3. Olah Bumbu dan Daging dengan Tepat
Langkah ke tiga, untuk memasak rendang lezat dan empuk adalah cara olah bumbu dan daging haruslah tepat. Yakni dengan cara, aneka bumbu yang akan dihaluskan merupakan dari bahan-bahan yang masih segar. Cara penghalusan bumbu pun harus digiling, jangan menggunakan blender. Setelah bumbu halus telah siap. Tuang santan dan kemudian masak bersama bumbu halus. Setelah mengeluarkan minyak, baru daging dimasukkan dan masak hingga matang.

Baca Juga : Kawasan Puncak Rest Area Lampung Barat

4. Jumlah Santan yang Cukup dan Tepat
Santan merupakan satu bahan utama dalam memasak rendang. Oleh sebab itu, santan yang digunakan haruslah cukup dan tepat jika ingin menghasilkan rendang lezat dan empuk. Perbandingan santan dan daging yang tepat adalah 1:3. Yakni, tiap 1 kilo gram daging, setara dengan santan kental dari 3 butir kelapa. Catat ya! Pemilihan kelapa haruslah yang tua.

5. Masak Dengan Api Kecil
Masaklah rendang dengan api kecil. Cara ini dilakukan supaya bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk. Maka itu memasak rendang memang membutuhkan waktu yang lama. Namun proses lama yang melelahkan itu akan sirna sekejap. Saat kita menyantap kelezatan salah satu masakan terenak di dunia ini. Apalagi rendang hasil olahan sendiri, yang memang di masak untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

6. Saat Memasak Aduk Secukupnya Saja
Selama rendang dimasak, daging tidak perlu diaduk terus menerus. Hal ini dilakukan supaya daging tidak hancur. Namun memang saat proses memasak rendang, perlu diaduk sesekali agar tidak gosong. Teknik pengadukan ini perlu hati-hati agar keutuhan daging tetap terjaga sampai rendang benar-benar matang dan siap disajikan.

Baca Juga : Begini Tips Bersepeda di Jalan Raya

Demikianlah 6 tips memasak rendang lezat dan empuk ini. Yuk kita terapkan enam langkah tips ini saat memasak resep rendang. Sehingga saat memasak rendang hasilnya akan lezat dan empuk. Selamat mencoba ya. Terimakasih.
Salam Kuliner Nusantara!!!

*Diolah dari berbagai sumber