Krui Pro Liga Selancar Dunia 2023 di Lampung

Krui Pro Liga Selancar Dunia 2023 di Lampung
Aksi peselancar internasional di Liga Selancar Dunia (World Surf League) Krui Pro QS 5000 di Pantai Tanjung Setia, Ujung Bocur, Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Foto: Armen

WartaNiaga – Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik perhelatan Krui Pro Liga Selancar Dunia 2023 di Pantai Tanjung Setia, Ujung Bocur, Krui, Pesisir Barat.

Krui Pro 2023 merupakan kompetisi selancar internasional yang akan diselenggarakan di Krui, Indonesia pada 12-18 Juni 2023.

“Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional ini tentu saja memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan, di Bandar Lampung, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Muli Mekhanai Terpilih Jadi Duta Pariwisata Pesawaran

Selain kompetisi selancar, Krui Pro 2023 juga akan menampilkan berbagai acara budaya dan hiburan.

Di antaranya pertunjukan musik dan tarian tradisional, serta bazar yang menampilkan makanan dan kerajinan tangan lokal.

Acara ini diharapkan dapat menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia, dan dipastikan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Selain itu, tentu saja memberikan media value yang tinggi, diberitakan media Indonesia, juga media-media luar negeri,” ujar Bobby.

World Surf League (WSL) atau Liga Selancar Dunia 2023 di Krui Pesisir Barat kian mengukuhkan Lampung sebagai The Treasure of Sumatra.

Krui Pro 2023 merupakan bagian dari World Surf League’s Qualifying Series (QS) menuju Tur Kejuaraan WSL.

Artinya, Krui Pro QS 5000 adalah salah satu acara paling bergengsi di tur QS.

Bobby mengatakan penggiat media sosial di Lampung rutin mengunggah ajang tahunan Krui Pro di dunia maya.

“Bahkan para influencer asal Lampung, juga rutin datang dalam setiap penyelenggaraan Liga Selancar Dunia Krui Pro,” ujar dia.

Baca Juga: Sensasi Mendaki Gunung Seminung

Sinergisitas ini, lanjut Bobby, harus terus dijaga untuk kemajuan pariwisata Lampung, khususnya pariwisata Pesisir Barat.

“Pak Arinal (Gubernur Lampung) pernah berpesan, semua potensi Pesisir Barat harus dikelola secara profesional, baik destinasinya, lingkungan alam, dan sosialnya. Semua harus kondusif bagi wisatawan,” tutup dia.

Liga Selancar Dunia Krui Pro 2023 akan diikuti ratusan peselancar kelas dunia dari berbagai negara.

Krui Pro tahun ini ditargetkan diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia seperti Australia, Jepang, Italia, Afrika Selatan, Brazil, Peru, Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Spanyol, dan Indonesia.

Baca Juga: Pesona Bukit AsLan di Way Gubak

Dikutip dari laman World Surf League, Pantai Tanjung Setia terkenal dengan ombak kirinya yang panjang dan kuat.

Ombak yang sempurna untuk kejuaraan selancar dunia yang kompetitif.

Liga Selancar Dunia Krui Pro 2023 terbuka untuk pria dan wanita, dan akan ada divisi terpisah untuk Pro Junior dan amatir.