Kebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari Lampung Barat

Wartaniaga.id
Kebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari Lampung Barat. Foto DSM

WANIKebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari Lampung Barat. Menjelang magrib panitia Pelatihan Blog Pemula II mengunjungi Kebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari di Giham Sukamaju Sekincau Lampung Barat yang juga milik salah satu pengelola Lamban Baca Mas Kamto Winendra, tepat nya tahun lalu.

Baca Juga : Trip Gratis Labuhan Bajo dan Uang Puluhan Juta Rupiah

Sesampainya dilokasi kami langsung di sambut Mas Kamto dan hamparan kebun Jeruk juga aneka ragam tanaman buah lain nya di lahan seluas 1 hektar. Sisa nya sebanyak 12 hektar masih dalam proses penanaman. “Insyallah, kedepan nya akan dibangun fasilitas permainan anak,” jelas pria dua anak ini.

Satu hal yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama dan kembali mengunjungi Kebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari ini adalah soal pelayanan dan kebersihan fasilitasnya.

Baca Juga : Pantai Melasti Bernuansa Bali di Krui Pesisir Barat

Selanjutnya kami diajak berkeliling kebun sambil mendengarkan cerita Mas Kamto mengenai sejarah perkembangan Kebun Jeruk yang dirintis oleh Bapak Mertuanya itu.

WartaNiaga.ID
Fasilitas Rumah Pohon di Kebun Jeruk Sekincau. Foto DSM

Di sela-sela pembicaraan, Mas Kamto mengajak kami memetik langsung buah jeruk manis yang kini sudah berusia 11 tahun itu. Usia senja untuk tanaman jeruk yang hanya bisa produktif sampai usia 13 tahun.

Baca Juga : Jelajah Keindahan Bumi Perkemahan Bukit Mabar Jaya

Menurut Mas Kamto, dirinya beserta keluarga sudah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan penanaman ulang. “Jadi buah jeruk akan terus berproduksi tanpa jeda,” jelasnya.

Wabah Pandami Covid 19 juga berdampak terhadap sektor usaha pariwisata yang dilakukan Mas Kamto sekeluarga. Menurunnya jumlah pengunjung akibat pembatasan sosial berdampak pada turun nya omset pendapatan Kebun Jeruk Wisata Alam Segar Sari.

“Karena sepi, buah jeruk terpaksa kami jual ke luar daerah. Mudah-mudahan Covid cepat berlalu ya,” ujarnya sambil berseloroh.

Selain keaneragaman tanaman buah, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung lain nya bagi para pengunjung. Diantara nya Gazebo Bambu, sarana ibadah, tempat bermain anak, toilet, pojok baca, kantin kebun dan lain sebagainya.